Ilmu komputer atau Computer Science disingkat CS adalah ilmu yang mempelajari dasar-dasar teori informasi dan komputasi , dan teknik-teknik praktis untuk implementasi dan aplikasi di komputer sistem.  Hal ini sering digambarkan sebagai studi sistematis terhadap algoritma proses yang menciptakan, menggambarkan, dan mengubah informasi. Komputer memiliki banyak ilmu sub-bidang , beberapa, seperti grafis komputer , menekankan hasil perhitungan tertentu, sementara yang lain, seperti teori kompleksitas komputasi , studi sifat-sifat masalah komputasi . Masih lain fokus pada tantangan dalam menerapkan perhitungan. Sebagai contoh, bahasa pemrograman teori studi pendekatan untuk menjelaskan perhitungan, sementara program komputerberlaku spesifik bahasa pemrograman untuk memecahkan masalah komputasi spesifik, dan interaksi manusia-komputer berfokus pada tantangan dalam membuat komputer dan perhitungan yang berguna, bermanfaat, dan universal diakses orang .

Masyarakat umum kadang-kadang membingungkan ilmu komputer dengan karier yang berhubungan dengan komputer (seperti kata benda Teknologi Informasi), atau berpikir bahwa hal ini berkaitan dengan pengalaman mereka sendiri dari komputer, yang biasanya melibatkan kegiatan seperti game, web-browsing, dan pengolah kata . Namun, fokus dari ilmu komputer lebih pada pemahaman properti dari program yang digunakan untuk mengimplementasikan software seperti permainan dan-web browser, dan menggunakan pemahaman untuk membuat program-program baru atau memperbaiki yang sudah ada.

Fondasi awal dari apa yang akan menjadi ilmu komputer mendahului penemuan modern komputer digital . Mesin untuk menghitung tugas numerik tetap, seperti sempoa , telah ada sejak jaman dahulu. Wilhelm Schickard membangun kalkulator mekanis pertama pada 1623. [6] Charles Babbage merancangmesin perbedaan di Victoria kali dibantu oleh Ada Lovelace . Sekitar tahun 1900, punch-card mesin [9] diperkenalkan. Namun, semua mesin yang terbatas untuk melakukan tugas tunggal, atau paling beberapa subset dari semua tugas mungkin.

Selama 1940-an, dan lebih kuat komputasi komputer yang lebih baru seperti tersebut dikembangkan, istilah komputer datang untuk merujuk pada komputer daripada manusia pendahulu mereka. Sebagaimana menjadi jelas bahwa komputer dapat digunakan untuk lebih dari sekedar perhitungan matematis, lapangan ilmu komputer diperluas untuk belajar perhitungan pada umumnya. ilmu komputer mulai didirikan sebagai suatu disiplin akademik yang berbeda pada 1950-an dan awal 1960-an. Ilmu komputer pertama program sarjana di Amerika Serikat dibentuk di Universitas Purdue pada tahun 1962. Sejak komputer praktis menjadi tersedia , banyak aplikasi komputasi telah menjadi daerah yang berbeda dari belajar di kanan mereka sendiri.

Meskipun banyak awalnya tidak mungkin percaya bahwa komputer itu sendiri sebenarnya bisa menjadi bidang studi ilmiah, di akhir tahun lima puluhan secara bertahap menjadi diterima di kalangan penduduk akademik yang lebih besar.  Ini adalah sekarang terkenal IBM merek yang merupakan bagian dari ilmu komputer revolusi selama ini. IBM (singkatan dari International Business Machines) merilis IBM 704 dan IBM 709 kemudian komputer, yang banyak digunakan selama periode eksplorasi dari perangkat tersebut. “Masih, bekerja sama dengan] komputer [IBM frustrasi … jika Anda telah salah sebanyak satu huruf dalam satu instruksi, program akan crash, dan Anda harus mulai seluruh proses lagi”. Selama akhir 1950-an, disiplin ilmu komputer sangat banyak dalam tahap perkembangan, dan isu-isu seperti itu biasa.

Waktu telah melihat peningkatan signifikan pada kegunaan dan efektivitas teknologi ilmu komputer. masyarakat modern telah melihat perubahan yang signifikan dari komputer yang digunakan hanya oleh para ahli atau profesional untuk basis pengguna yang lebih luas.

Ilmu komputer

Sebagai suatu disiplin ilmu, ilmu komputer mencakup berbagai topik dari kajian teoritis algoritma dan batas perhitungan masalah-masalah praktis dari penerapan sistem komputasi dalam perangkat keras dan perangkat lunak. Ilmu Komputer Badan Akreditasi (CSAB) [22 ] – yang terdiri dari wakil-wakil dari Association for Computing Machinery (ACM), dengan Institute of Electrical and Electronics Engineers Computer Society (IEEE), dan Asosiasi Sistem Informasi (AIS) – mengidentifikasi empat bidang yang dianggap penting bagi disiplin ilmu komputer: teori komputasi, algoritma dan struktur data, metodologi pemrograman dan bahasa,dan elemen komputer dan arsitektur. Selain keempat daerah, CSAB juga mengidentifikasi bidang-bidang seperti rekayasa perangkat lunak, kecerdasan buatan, jaringan komputer dan komunikasi, sistem database, komputasi paralel, komputasi terdistribusi, interaksi manusia-komputer, komputer grafis, sistem operasi, dan numerik dan komputasi simbolik sebagai menjadi bidang penting dari ilmu komputer.

Teori ilmu komputer

Bidang yang lebih luas dari ilmu komputer teoritis mencakup baik teori klasik perhitungan dan berbagai macam topik lainnya yang berfokus pada semakin abstrak, logis, dan aspek-aspek matematis komputasi.

P \ rightarrow Q \, DFAexample.svg Kurva eliptik simple.png 6n-graf.svg
Matematika logika Teori automata Nomor teori Teori graf
\ Gamma \ vdash x: Int Diagram komutatif untuk morphism.svg SimplexRangeSearching.png Blochsphere.svg
Jenis teori Kategori Teori Komputasi geometri Teori komputasi kuantum

Teori komputasi

Menurut Peter J. Denning , pertanyaan fundamental yang mendasari ilmu komputer adalah, “Apa yang bisa (efisien) otomatis?” Studi mengenai teori komputasi difokuskan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang apa yang dapat dihitung dan apa jumlah sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan tersebut. Dalam upaya untuk menjawab pertanyaan pertama, teori komputabilitas memeriksa masalah komputasi yang dipecahkan pada berbagai teori model perhitungan . Pertanyaan kedua adalah ditangani oleh teori kompleksitas komputasi , yang mempelajari ruang waktu dan biaya terkait dengan pendekatan yang berbeda untuk memecahkan masalah komputasi.

Yang terkenal ” P = NP? ” masalah, salah satu dari Millenium Prize Masalah[23] adalah masalah terbuka di teori komputasi.

Wang tiles.png P = NP? GNITIRW-TERCES
Teori komputabilitas Teori Kompleksitas Komputasi Kriptografi

Algoritma]dan struktur data

O (n 2) Sortasi anim.gif quicksort Tunggal dihubungkan list.png
Analisis algoritma Algoritma Struktur data

Elemen dan arsitektur Komputer

NOR ANSI.svg Fivestagespipeline.png SIMD.svg
Digital logika Mikroarsitektur Multiprocessing

Komputasi sains

Ilmu Komputasi (atau komputasi ilmiah ) adalah bidang studi yang bersangkutan dengan membangun model matematika dan analisis kuantitatif teknik dan menggunakan komputer untuk menganalisis dan memecahkan ilmiah masalah. Dalam penggunaan praktis, biasanya penerapan simulasi komputer dan bentuk lain dari perhitungan untuk masalah dalam berbagai disiplin ilmu.

Penarik Lorenz yb.svg Quark wiki.jpg Naftalena-3D-balls.png 1u04-argonaute.png
Analisis Numerik Komputasi fisika Komputasi kimia Bioinformatika

Kecerdasan Buatan

Ini cabang ilmu komputer bertujuan untuk menciptakan sistem sintetis yang memecahkan masalah komputasi, alasan dan / atau berkomunikasi seperti hewan dan manusia. Ini dan diterapkan subbidang teoritis memerlukan keahlian ketat dan terintegrasi sangat dalam beberapa mata pelajaran seperti matematika terapanlogikasemiotikalistrik teknikfilsafat pikiran neurofisiologi , dankecerdasan sosial yang dapat digunakan untuk memajukan bidang penelitian intelijen atau diterapkan untuk bidang studi lain yang memerlukan pemahaman dan pemodelan komputasi seperti dikeuangan atau ilmu-ilmu fisik . Semuanya dimulai dengan kakek dari ilmu komputer dan kecerdasan buatanAlan Turing , yang mengajukan uji Turing untuk tujuan menjawab pertanyaan yang paling … “Bisakah komputer berpikir?”.

Brain.png Eye.png Corner.png KnnClassification.svg
Mesin Belajar Komputer visi Pengolahan Citra Pengenalan Pola
User-FastFission-brain.gif Data.png Sky.png Earth.png
Ilmu kognitif Data Mining Evolusi Komputasi Pencarian keterangan
Neuron.png English.png Robot.png Wacom Pen-tablet.jpg
Representasi Pengetahuan Pengolahan Bahasa Alami Robotika Interaksi manusia-komputer

Rekayasa Perangkat Lunak

Bidang rekayasa perangkat lunak spesialisasi dalam penyimpanan, transfer dan komunikasi data daripada analisis komputasi data. Meskipun banyak ilmuwan komputer mencari posisi rekayasa perangkat lunak ini tidak harus ilmu komputer yang terkait. Pada tahun 2004, yang didirikan derajat baru dari rekayasa perangkat lunak ditetapkan oleh ACM dan IEEE dibentuk untuk mengatasi masalah ini, dokumen yang disebut CCSE ditulis untuk menjelaskan rincian. Selain mereka yang memiliki derajat di teknologi informasi atau manajemen sistem informasi sering ditemukan peran mendukung diperlukan bagi kedua rekayasa perangkat lunak dan kerja komputasi.

Sistem operasi placement.svg JARINGAN-Perpustakaan-LAN.png Emp Tabel (Database). PNG Padlock.svg
Sistem operasi Jaringan komputer Database Keamanan Komputer
Roomba original.jpg Flowchart.png Ideal compiler.png Python add5 syntax.svg
Komputasi di mana-mana Sistem arsitektur Kompilator desain Pemrograman bahasa

Hubungan dengan bidang lain

Walaupun namanya, sejumlah besar ilmu komputer tidak melibatkan studi tentang komputer itu sendiri. Karena itu, nama-nama beberapa alternatif telah diajukan. departemen tertentu universitas besar lebih suka istilah ilmu komputer, untuk menekankan perbedaan yang tepat. Ilmuwan Denmark Peter Naur menyarankan istilah datalogy, untuk mencerminkan fakta bahwa disiplin ilmu berputar di sekitar data dan pengolahan data, walaupun tidak selalu melibatkan komputer. Lembaga ilmiah pertama yang menggunakan istilah ini Departemen Datalogy di University of Copenhagen, didirikan pada tahun 1969, dengan Peter Naur menjadi profesor pertama di datalogy. Istilah ini digunakan terutama di negara-negara Skandinavia. Juga, pada hari-hari awal komputasi, sejumlah istilah untuk praktisi bidang komputasi yang disarankan dalam Komunikasi ACM – turingineer, turologist, flow-chart-man, diterapkan meta-matematika, dan diterapkan epistemologist. [ 24] Tiga bulan kemudian dalam jurnal yang sama, comptologist diusulkan, diikuti tahun depan oleh hypologist. [25] Istilah ini computics juga telah disarankan. [26] Di Eropa kontinental, nama seperti informatique (Perancis), Informatik(Jerman) atau Informatica (Belanda), berasal dari informasi dan mungkin matematika atau otomatis, lebih umum daripada nama-nama yang berasal dari komputer / komputasi.

Ilmuwan komputer terkenal Edsger Dijkstra menyatakan, “ilmu komputer tidak lebih tentang komputer dari astronomi adalah tentang teleskop.” Desain dan penyebaran komputer dan sistem komputer secara umum dianggap provinsi selain disiplin ilmu komputer. Sebagai contoh, studi tentang hardware komputer biasanya dianggap sebagai bagian dari rekayasa komputer , sedangkan studi komersialsistem komputer dan penyebaran mereka sering disebut teknologi informasi atau sistem informasi . Namun, ada banyak fertilisasi silang gagasan antara disiplin ilmu yang berkaitan dengan komputer berbagai. Penelitian ilmu komputer juga sering menyeberang ke disiplin lainnya, seperti filsafatilmu kognitiflinguistikmatematikafisikastatistik dan ekonomi .

Ilmu komputer dianggap oleh beberapa orang untuk memiliki hubungan yang jauh lebih dekat dengan matematika dari banyak disiplin ilmu, dengan beberapa pengamat mengatakan bahwa komputasi adalah ilmu matematika. [11] ilmu komputer awal sangat dipengaruhi oleh karya matematikawan seperti Kurt Gödel dan Alan Turing , dan ada terus menjadi berguna pertukaran ide antara dua bidang dalam bidang-bidang seperti logika matematikateori kategoridomain teori , dan aljabar .

Hubungan antara ilmu komputer dan rekayasa perangkat lunak adalah masalah yang diperdebatkan, yang lebih keruh oleh sengketa atas apa rekayasa “perangkat lunak istilah” berarti, dan bagaimana ilmu komputer didefinisikan. David Parnas , mengambil isyarat dari hubungan antara rekayasa dan ilmu pengetahuan lainnya disiplin, telah menyatakan bahwa fokus utama ilmu komputer adalah mempelajari sifat perhitungan pada umumnya, sedangkan fokus utama rekayasa perangkat lunak adalah desain perhitungan tertentu untuk mencapai tujuan praktis, membuat dua disiplin yang terpisah namun saling melengkapi. [27]

Itu, akademis politik, aspek pendanaan dan ilmu komputer cenderung tergantung pada apakah departemen yang terbentuk dengan penekanan matematika atau dengan penekanan rekayasa.departemen ilmu komputer dengan penekanan matematika dan dengan orientasi numerik mempertimbangkan keselarasan ilmu komputer . Kedua jenis departemen cenderung melakukan upaya untuk jembatan lapangan bidang pendidikan jika tidak di penelitian semua.

Pendidikan sains Komputer

Beberapa universitas mengajarkan ilmu komputer sebagai sebuah studi teoritis dan penalaran perhitungan algoritmik. Program-program ini sering menampilkan teori komputasianalisis algoritma ,metode formalteori konkurensidatabasegrafis komputer dan analisis sistem , antara lain. Mereka biasanya juga mengajarkan pemrograman komputer , tapi memperlakukannya sebagai wadah untuk mendukung bidang-bidang ilmu komputer bukannya fokus pusat studi tingkat tinggi.

Perguruan tinggi dan universitas lain, serta sekolah-sekolah menengah dan program kejuruan yang mengajarkan ilmu komputer, menekankan praktek pemrograman maju daripada teori algoritma dan perhitungan dalam ilmu kurikulum komputer mereka. kurikulum tersebut cenderung berfokus pada keterampilan-keterampilan yang penting bagi pekerja memasuki industri perangkat lunak. Aspek-aspek praktis pemrograman komputer sering disebut sebagai rekayasa perangkat lunak . Namun, ada banyak ketidaksepakatan atas makna istilah itu, dan apakah atau tidak itu adalah hal yang sama seperti pemrograman.

Sumber ; http://en.wikipedia.org